Matius 3:1--4:11
Yohanes Pembaptis
3:1 Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis
di padang gurun Yudea dan memberitakan:
3:2 "Bertobatlah
1 , sebab Kerajaan Sorga
sudah dekat!"
3:3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.
"
3:4 Yohanes
memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang
kulit, dan makanannya belalang
dan madu hutan.
3:5 Maka datanglah kepadanya penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea dan dari seluruh daerah sekitar Yordan.
3:6 Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis
oleh Yohanes di sungai Yordan.
3:7 Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki
2 datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak.
Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka
yang akan datang?
3:8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan
3 .
3:9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami!
Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
3:10 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan,
tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus
4 dan dengan api.
3:12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api
yang tidak terpadamkan."
Yesus dibaptis Yohanes
3:13 Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes
untuk dibaptis
5 olehnya.
3:14 Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"
3:15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya:
"Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.
3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka
dan Ia melihat Roh Allah
seperti burung merpati turun ke atas-Nya
6 ,
3:17 7 lalu terdengarlah suara dari sorga
yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku
yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.
"
Pencobaan di padang gurun
4:1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai
8 Iblis.
4:2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari
9 dan empat puluh malam,
akhirnya laparlah Yesus.
4:3 Lalu datanglah si pencoba
itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah,
perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."
4:4 Tetapi Yesus menjawab:
"Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."
4:5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci
dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,
4:6 lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah,
jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis
10 : Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.
"
4:7 Yesus berkata kepadanya:
"Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"
4:8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia
11 dengan kemegahannya,
4:9 dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku."
4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya:
"Enyahlah, Iblis 12 ! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"
4:11 Lalu Iblis meninggalkan Dia,
dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.
1 Full Life: BERTOBATLAH.
Nas : Mat 3:2
Makna dasar dari pertobatan (Yun. _metanoeo_) adalah "berbalik".
Yang dimaksudkan adalah berbalik dari cara hidup yang jahat kepada Kristus,
dan melalui Dia kepada Allah (Yoh 14:1,6; Kis 8:22; 26:18; 1Pet 2:25).
- 1) Keputusan untuk berbalik dari dosa kepada keselamatan di dalam
Kristus menyangkut hal menerima Kristus bukan hanya sebagai Juruselamat
dari hukuman dosa, tetapi juga sebagai Tuhan atas kehidupan kita. Jadi,
pertobatan meliputi pergantian penguasa -- dari kekuasaan Iblis
(Ef 2:2) kepada kekuasaan Kristus dan Firman-Nya (Kis 26:18).
- 2) Pertobatan merupakan keputusan yang sukarela pada pihak orang
berdosa, yang dimungkinkan oleh kasih karunia yang memberi kemampuan
kepada mereka untuk melakukannya ketika mereka mendengar dan percaya
kepada Injil (Kis 11:21;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
- 3) Definisi iman yang menyelamatkan sebagai "sekedar percaya" kepada
Kristus sebagai Juruselamat sama sekali tidak memadai apabila dihadapkan
dengan tuntutan Kristus untuk bertobat. Menjelaskan iman yang
menyelamatkan dalam suatu cara yang tidak mengharuskan seseorang
meninggalkan dosa adalah memutarbalikkan secara membahayakan ajaran
Alkitab tentang penebusan. Iman yang menyertakan pertobatan adalah
syarat untuk memperoleh keselamatan (bd. Mr 1:15; Luk 13:3,5;
Kis 2:38; 3:19; 11:21).
- 4) Pertobatan merupakan pesan pokok para nabi PL (Yer 7:3;
Yeh 18:30; Yoel 2:12-14; Mal 3:7), Yohanes Pembaptis (Mat 3:2),
Yesus Kristus (Mat 4:17; 18:3; Luk 5:32) dan orang Kristen PB
(Kis 2:38; 8:22; 11:18; 2Pet 3:9). Pemberitaan pertobatan harus
senantiasa mendampingi berita Injil (Luk 24:47).
2 Full Life: ORANG FARISI DAN ORANG SADUKI.
Nas : Mat 3:7
Dua kelompok agama yang utama di kalangan Yudaisme adalah golongan
Farisi dan Saduki.
- 1) Golongan Farisi adalah golongan keagamaan orang Yahudi yang sangat
menaati baik seluruh PL maupun penafsiran manusiawi mereka sendiri.
Mereka secara khusus menekankan bahwa keselamatan dapat diperoleh dengan
menaati hukum-hukum Allah secara harfiah dan penafsiran mereka tentang
hukum itu. Mereka mengajarkan bahwa Mesias yang dinantikan akan menjadi
seorang penguasa di bumi yang akan membantu Israel untuk menguasai semua
bangsa dan memaksakan semua orang tunduk kepada hukum Allah. Sekalipun
demikian, kesalehan mereka adalah kesalehan lahiriah tanpa kerohanian
dalam hati mereka (Mat 23:25), dan mereka juga tidak bersedia
mengakui kebobrokan sifat mereka. Pada umumnya mereka menentang Yesus
dan ajaran-Nya bahwa hidup keagamaan itu menyangkut hati dan roh, dan
bukan sekedar ketaatan lahiriah kepada perintah Kitab Suci (bd.
Mat 9:14; 23:2-4; Luk 18:9-14).
- 2) Golongan Saduki adalah golongan liberal yang tidak menyukai
perkara-perkara rohani. Sekalipun mengaku tunduk kepada hukum Allah,
sesungguhnya mereka menyangkal banyak ajaran PL. Mereka menolak ajaran
mengenai kebangkitan, malaikat, mukjizat, kekekalan dan hukuman yang
akan datang. Kehidupan mereka secara moral lemah dan duniawi. Mereka
juga merupakan golongan yang menganiaya Yesus (Mat 16:1-4).
3 Full Life: BUAH YANG SESUAI DENGAN PERTOBATAN.
Nas : Mat 3:8
Pertobatan yang sejati akan diikuti buah kebenaran (bd.
Mat 23:23; Luk 3:10-14; Kis 26:20). Iman yang sungguh-sungguh
menyelamatkan dan pertobatan harus nyata dalam kehidupan yang meninggalkan
dosa dan menghasilkan buah kesalehan
(lihat cat. --> Yoh 15:16).
[atau ref. Yoh 15:16]
Orang yang mengaku percaya kepada Kristus dan menjadi anak Tuhan, namun
kehidupannya tidak menghasilkan buah yang baik adalah seperti pohon yang
akan ditebang dan dicampakkan ke dalam api (ayat Mat 3:8-10,12).
4 Full Life: AKAN MEMBAPTISKAN KAMU DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Mat 3:11
Yohanes mengatakan bahwa salah satu tugas Mesias yang akan datang
ialah membaptis para pengikut-Nya dengan Roh Kudus dan api -- suatu
baptisan yang memberikan kuasa yang luar biasa untuk hidup dan bersaksi
bagi Kristus
(lihat cat. --> Luk 3:16
[atau ref. Luk 3:16]
mengenai baptisan dalam Roh Kudus).
5 Full Life: YESUS ... DIBAPTIS.
Nas : Mat 3:13
Yesus dibaptis oleh Yohanes karena alasan berikut ini:
- 1) "menggenapkan seluruh kehendak Allah" (ayat Mat 3:15; bd.
Im 16:4; Gal 4:4-5). Melalui baptisan, di depan umum Kristus
menyerahkan diri kepada Allah dan kerajaan-Nya sehingga dengan demikian
menggenapi tuntutan Allah yang benar.
- 2) Menempatkan diri-Nya setara dengan orang berdosa sekalipun Ia
sendiri tidak perlu bertobat dari dosa (2Kor 5:21; 1Pet 2:24).
- 3) Menghubungkan diri-Nya dengan gerakan baru dari Allah yang memanggil
setiap orang kepada pertobatan; perhatikan pesan Yohanes Pembaptis
sebagai pendahulu Mesias (Yoh 1:23,32-33).
6 Full Life: ROH ALLAH ... TURUN KE ATAS-NYA.
Nas : Mat 3:16
Segala sesuatu yang dilakukan oleh Yesus -- mengajar, menyembuhkan,
menderita, memperoleh kemenangan atas dosa telah dilakukan-Nya dengan kuasa
Roh Kudus. Jikalau Yesus tidak dapat melakukan apa-apa tanpa kuasa Roh
Kudus, apalagi kita (bd. Luk 4:1,14,18; Yoh 3:34; Kis 1:2; 10:38). Roh
Kudus turun ke atas Yesus untuk memperlengkapi-Nya dengan kuasa untuk
melaksanakan karya penebusan-Nya
(lihat cat. --> Luk 3:22).
[atau ref. Luk 3:22]
Kemudian Yesus sendiri akan membaptis para pengikut-Nya dengan Roh Kudus
supaya mereka juga mendapatkan kuasa untuk melayani Dia (Kis 1:5,8;
Kis 2:4;
(lihat cat. --> Mat 3:11;
lihat cat. --> Kis 1:5;
lihat cat. --> Kis 1:8;
lihat cat. --> Kis 2:4).
[atau ref. Mat 3:11; Kis 1:5; Kis 1:8; Kis 2:4]
7 Full Life: CONTOH TENTANG TRINITAS.
Nas : Mat 3:17
Baptisan Yesus merupakan perwujudan yang sangat baik untuk
menunjukkan kebenaran tentang Trinitas.
- 1) Yesus Kristus, yang dinyatakan setara dengan Allah (Yoh 10:30),
dibaptis di Sungai Yordan.
- 2) Roh Kudus, yang juga setara dengan Bapa (Kis 5:3-4) turun ke
atas Yesus sebagai burung merpati.
- 3) Bapa menyatakan bahwa Ia sangat berkenan kepada Yesus. Jadi, kita
mempunyai tiga oknum ilahi yang setara; adalah bertentangan dengan
seluruh Alkitab bila kita menafsirkan peristiwa ini dengan cara yang
lain. Menurut doktrin Trinitas ketiga oknum ilahi ini demikian bersatu
hakikatnya sehingga mereka merupakan Allah yang Esa
(lihat cat. --> Mr 1:11
[atau ref. Mr 1:11]
mengenai Trinitas; bd. Mat 28:19; Yoh 15:26; 1Kor 12:4-13; Ef 2:18;
1Pet 1:2).
8 Full Life: YESUS ... DICOBAI.
Nas : Mat 4:1-11
Pencobaan Yesus oleh Iblis adalah usaha untuk membelokkan Yesus dari
jalan ketaatan yang sempurna kepada kehendak Allah. Perhatikanlah bahwa
dalam setiap pencobaan Yesus tunduk kepada kekuasaan Firman Allah dan bukan
kepada keinginan Iblis (ayat Mat 4:4,7,10). Pelajaran apakah yang dapat
kita tarik dari peristiwa ini?
- 1) Iblis merupakan musuh terbesar kita. Sebagai orang Kristen, kita
harus sadar bahwa kita terlibat dalam peperangan rohani melawan
kuasa-kuasa kejahatan yang tidak nampak namun sangat nyata
(lihat cat. --> Ef 6:12).
[atau ref. Ef 6:12]
- 2) Tanpa Roh Kudus dan Firman Allah yang digunakan secara tepat, orang
Kristen tidak mungkin mengalahkan dosa dan pencobaan. Berikut ini
diberikan beberapa anjuran mengenai cara mempergunakan Firman Allah
untuk mengatasi pencobaan:
- (a) Sadarilah bahwa melalui Firman Allah saudara mempunyai kuasa
untuk melawan setiap ajakan dari Iblis (Yoh 15:3,7).
- (b) Tulislah (yaitu, menghafal) Firman Allah di dalam hati dan
pikiran saudara
(lihat cat. --> Yak 1:21).
[atau ref. Yak 1:21]
- (c) Renungkanlah siang dan malam ayat-ayat yang telah saudara
hafalkan
(lihat cat. --> Ul 6:6;
lihat cat. --> Mazm 1:2;
lihat cat. --> Mazm 119:47-48).
[atau ref. Ul 6:6; Mazm 1:2; 119:47-48]
- (d) Ucapkanlah ayat-ayat yang saudara hafalkan itu di dalam hati dan
kepada Allah pada saat dicobai (ayat Mat 4:4,7,10).
- (e) Sadari dan taati dorongan Roh Kudus untuk mematuhi Firman Allah
(Rom 8:12-14; Gal 5:18).
- (f) Pagarilah semua langkah ini dengan doa (Ef 6:18).
Kami berikan beberapa ayat untuk dihafalkan ketika menghadapi pencobaan:
Umum (pasal Rom 6:1-23; 8:1-39); Khusus: mengenai percabulan
(Rom 13:14), berdusta (Yoh 8:44; Kol 3:9), bergunjing
(Yak 4:11), tidak patuh kepada orang-tua (Ibr 13:17), keputusasaan
(Gal 6:9), takut akan masa depan (2Tim 1:7), nafsu (Mat 5:28;
2Tim 2:22), keinginan untuk balas dendam (Mat 6:15), mengabaikan
Firman Allah (Mat 4:4), kuatir akan hal keuangan (Mat 6:24-34;
Fili 4:6).
9 Full Life: BERPUASA EMPAT PULUH HARI.
Nas : Mat 4:2
Setelah berpuasa "empat puluh hari dan empat puluh malam ...
laparlah Yesus" lalu dicobai oleh Iblis agar Ia makan. Hal ini rupanya
menunjukkan bahwa Yesus berpantang makan tetapi tidak berpantang minum
(lih. Luk 4:2). Diperlukan sebuah mukjizat apabila orang berpantang
minum air selama empat puluh hari. Dalam menghadapi pencobaan sebagai wakil
umat manusia (bd. Ibr 2:17; 4:15), maka Kristus hanya dapat menggunakan
sarana yang tersedia bagi orang percaya yang dipenuhi Roh untuk melawan
pencobaan
(lihat cat. --> Kel 34:28;
lihat cat. --> 1Raj 19:8;
lihat cat. --> Mat 6:16
[atau ref. Kel 34:28; 1Raj 19:8; Mat 6:16]
mengenai puasa). Adalah masuk akal untuk menganggap bahwa selama berpuasa
empat puluh hari itu Yesus memperisapkan diri dengan cara berdoa dan
merenungkan Firman Allah untuk melaksanakan karya yang dibebankan
kepada-Nya oleh Bapa.
10 Full Life: ADA TERTULIS.
Nas : Mat 4:6
Iblis mempergunakan Firman Allah ketika mencobai Yesus untuk berbuat
dosa. Adakalanya orang duniawi akan mempergunakan ayat Alkitab untuk
mencoba membujuk orang percaya melakukan sesuatu yang mereka ketahui adalah
salah atau tidak bijaksana. Beberapa ayat di Alkitab, apabila tidak
ditafsirkan sesuai dengan konteksnya atau tidak dibandingkan dengan ayat
yang lain dalam Firman Allah, mungkin tampaknya bersikap mengizinkan
kelakuan yang berdosa (lih. mis. 1Kor 6:12). Orang percaya harus
benar-benar memahami Firman Allah dan berwaspada terhadap mereka yang
memutarbalikkan Alkitab untuk memenuhi keinginan tabiat berdosa manusia.
Rasul Petrus berbicara tentang orang-orang yang memutarbalikkan Alkitab
sehingga membinasakan dirinya sendiri (2Pet 3:16).
11 Full Life: SEMUA KERAJAAN DUNIA.
Nas : Mat 4:8
Lihat cat. --> Luk 4:5.
[atau ref. Luk 4:5]
12 Full Life: IBLIS.
Nas : Mat 4:10
Iblis (dalam bahasa Ibrani artinya "penuduh" atau "musuh") merupakan
penghulu malaikat yang diciptakan dengan sempurna dan baik. Ia ditunjuk
untuk melayani takhta Allah; namun sebelum dunia dijadikan, ia memberontak
dan menjadi musuh besar Allah dan manusia (Yeh 28:12-15).
- 1) Ketika memberontak kepada Allah, Iblis mengajak sekelompok malaikat
yang lebih rendah tingkatnya (Wahy 12:4) yang sesudah kejatuhannya
barangkali dapat dikenal sebagai setan-setan atau roh-roh jahat
(lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN).
Iblis dan banyak anak buahnya ini kemudian dibuang ke bumi dan angkasa
di sekitarnya dan menjalankan pekerjaan mereka di lingkungan itu atas
izin Allah.
- 2) Iblis, juga dikenal dengan nama "si ular", telah menyebabkan
kejatuhan umat manusia (Kej 3:1-6;
lihat cat. --> 1Yoh 5:19).
[atau ref. 1Yoh 5:19]
- 3) Kerajaan Iblis (Mat 12:26) adalah suatu kerajaan kejahatan yang
sangat teratur dan menguasai kerajaan angkasa (Ef 2:2),
malaikat-malaikat yang telah jatuh (Mat 25:41; Wahy 12:7), umat
manusia yang belum dilahirkan kembali (ayat Mat 4:8-9; Yoh 12:31;
Ef 2:2) dan dunia ini (Luk 4:5-6; 2Kor 4:4;
lihat cat. --> 1Yoh 5:19).
[atau ref. 1Yoh 5:19]
Iblis tidak mahakuasa, mahahadir atau mahatahu; oleh karena itu sebagian
besar kegiatannya ditugaskan kepada setan-setan (Mat 8:28;
Wahy 16:13-14;
lihat cat. --> Ayub 1:12).
[atau ref. Ayub 1:12]
- 4) Yesus datang ke bumi ini untuk membinasakan segala perbuatan Iblis
(1Yoh 3:8), mendirikan Kerajaan Allah dan membebaskan kita dari
kuasa Iblis (Mat 12:28; Luk 4:18; 13:16; Kis 26:18). Oleh kematian
dan kebangkitan-Nya, Kristus sudah mulai mengalahkan Iblis dan dengan
demikian memastikan kemenangan mutlak Allah atasnya (Ibr 2:14).
- 5) Pada akhir zaman Iblis akan dikurung di dalam jurang maut selama
1000 tahun (Wahy 20:1-3). Setelah dibebaskan ia akan berusaha untuk
terakhir kalinya menggulingkan Allah; hal ini akan mengakibatkan
kekalahan Iblis terakhir sehingga ia dicampakkan ke dalam lautan api
yang menyala-nyala (Wahy 20:7-10).
- 6) Pada saat ini Iblis berperang melawan Allah dan umat-Nya
(Ayub 1:1-2:13; Ef 6:11-18) serta berusaha untuk menjauhkan orang
percaya dari kesetiaan kepada Kristus (2Kor 11:3) dan membawa mereka
ke dalam dosa dan perbudakan kepada sistem dunia (bd. 2Kor 11:3;
1Tim 5:15; 1Yoh 5:16). Orang percaya harus senantiasa berdoa agar
mereka dibebaskan dari Iblis (Mat 6:13), waspada terhadap segala
tipu muslihat dan pencobaan Iblis (Ef 6:11), serta melawan dia
melalui peperangan rohani, sementara tetap tegak di dalam iman
(Ef 6:10-18; 1Pet 5:8-9).